Masalah yang menjadi kajian penelitian ini adalah mengenai sikap kerja dan kinerja dosen. Fokus kajiannya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kerja dan kinerja dosen yang meliputi kepemimpinan pimpinan perguruan tingi (PT), motivasi dosen, dan budaya organisasi PT. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan, motivasi, dan budaya organisasi mempengaruhi sikap kerja dan kinerja dosen baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method, dengan teknik pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan yang disusun berdasarkan Five Option Scale terhadap 44 orang dosen tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Kota Bandung sebagai responden. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah Model Analisis Jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian berdasarkan uji statistik menunjukkan: (1) Kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap sikap kerja dosen. (2) Budaya organisasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap sikap kerja dosen. (3) Motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap sikap kerja dosen. (4) Kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. (5) Budaya organisasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja dosen. (6) Motivasi dosen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. (7) Sikap kerja dosen secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja dosen. (8) Kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap kerja dosen. (9) Kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi dan sikap kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen.
Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang dapat disampaikan: (1) pimpinan PT harus mampu membangun dan mengembangkan suasana yang memungkinkan terciptanya komunikasi timbal balik dengan dosen, (2) pimpinan PT harus mampu merancang berbagai kegiatan yang terprogram dengan baik, memberikan dukungan dan program masa depan yang jelas, (3) pimpinan PT dapat memberikan dukungan dan kesempatan kepada dosen memegang jabatan atau tugas tertentu, memberikan kepercayaan penuh dalam menjalankan tugas tersebut serta menyelesaikan permasalahan yang menyertainya, (4) memberikan imbalan finansil yang layak, dan jenjang karir yang jelas kepada dosen, (5) meningkatkan kemampuan dosen dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
IA KURNIA
No comments:
Post a Comment